• Space

Manfaat menggunakan VPN bagi Perusahaan

  • ⌖ 2020-04-30
  • ⌖ Marcomm NAP Info

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar istilah VPN? 
Barangkali tidak sedikit di antara kita yang mengingat VPN sebagai 'cara mudah mengakses situs-situs yang diblokir'. Padahal, merunut dari sejarahnya, VPN pada awalnya justru dikembangkan untuk penggunaan dalam perusahaan, lho!

Ya, VPN atau Virtual Private Network memang ditujukan untuk memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan koneksi jarak jauh antar kantor atau dari pekerja ke area lokal (LAN) dalam kantor. Sejarah VPN bermula di tahun 1996, saat Microsoft mengembangkan Peer to Peer Tunneling Protocol (PPTP). PPTP ini memungkinkan remote client (client yang berlokasi jauh dari server) mentrasfer data menuju server perusahaan dengan aman melalui TCP/IP.

Dewasa ini, penggunaan VPN dalam perusahaan sudah begitu umum, meski belum semua perusahaan menerapkannya di kantor masing-masing. Apa sih guna VPN dan mengapa perusahaan perlu mempertimbangkan untuk memakainya?

 

  • Kerahasiaan

Sebagai jaringan yang bersifat private, VPN tidak dapat diakses oleh semua orang, sehingga data yang diakses pun terlindung dari risiko disadap/bocor ke publik. Lalu lintas data dapat dibatasi hanya dalam perusahaan sehingga mengurangi kemungkinan informasi rahasia perusahaan seperti dokumen keuangan, arsip hukum, maupun isu sensitif diakses oleh sembarang orang.

  • Keutuhan Data

Proses pengiriman data melalui jaringan internet publik selalu dibayangi risiko hilangnya sebagian informasi atau manipulasi data. Lain halnya dengan menggunakan VPN, yang menjamin keutuhan data yang diterima oleh pengguna meski saat diakses melalui public network seperti Wifi.

  • Autentikasi Sumber

VPN berguna pula untuk melakukan autentikasi sumber data yang masuk. Artinya, VPN dapat menganalisis sumber data yang terlihat tidak kredible, guna mengamankan komputer dari virus dan malware.

  • Mobilitas

VPN memungkinkan pengguna mengakses jaringan perusahaan melalui perangkat masing-masing dari mana saja, asalkan ia terhubung dengan internet. Karyawan perusahaan pun dapat melangsungkan pekerjaan tanpa harus berada di lokasi kantor.

 

Berkat keuntungan inilah, tidak sedikit perusahaan sudah memanfaatkan VPN, terlebih dalam periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti saat ini. My Matrix sendiri telah menolong sejumlah perusahaan pelanggan mengupgrade bandwidth internet sesuai kebutuhan, demi melangsungkan proses bekerja dari rumah (work from home/WFH) yang efisien bagi para karyawan.