• Space

Cara Perusahaan di China Atasi Krisis Pasca Covid-19

  • ⌖ 2020-07-07
  • ⌖ Marcomm NAP Info

Sebagai negara yang pertama terdampak oleh pandemi Covid-19, China menjadi sorotan dunia dalam hal menangani wabah serta mengatasi krisis yang ditimbulkannya dalam berbagai sektor, tak terkecuali dalam dunia bisnis. Dikutip dari Harvard Business Review Home, berikut beberapa pelajaran bisnis yang dapat dipetik dari perusahaan-perusahaan di China tentang bagaimana bisnis mereka sukses beradaptasi menghadapi pandemi. 

1. Akui kendala yang tengah dihadapi. Para pemimpin dari sejumlah perusahaan yang sukses mengatasi krisis mengungkapkan, mereka selalu berupaya menjaga transparansi dengan seluruh lapisan organisasi mengenai kendala yang tengah dihadapi perusahaan, juga prioritas perusahaan dalam mengatasinya. Meski tidak mudah, hal ini terbukti menciptakan rasa sepenanggungan serta solidaritas dalam menghadapi tantangan bersama. 

2. Berkomunikasi dengan cara baru. Komunikasi melalui aplikasi chat maupun video meeting yang menjadi pilihan utama di masa pandemi ternyata dinilai lebih efisien, goal-oriented, dan efektif ketimbang cara-cara konvensional. Di banyak perusahaan, virtual meeting bahkan sudah menjadi sebuah kebiasaan baru meskipun karyawan telah kembali bekerja di kantor.

3. Mempercepat migrasi ke digital. Semua pihak perlu sigap menghadirkan cara kreatif demi mengatasi keterbatasan yang ditimbulkan pandemi. Mengubah pendekatan ke arah digital terbukti memampukan perusahaan memberi solusi bagi kebutuhan pelanggan bahkan juga menghemat biaya. 

4. Ciptakan kolaborasi baru. Perubahan situasi menimbulkan rintangan-rintangan baru. Untuk mengatasinya, temukan cara-cara baru berkolaborasi dengan mitra eksternal, termasuk dengan para pelanggan, supplier, pembuat kebijakan, hingga kompetitor.